Terkenal dengan sosok Sangkurinag dimasyarakat awam. Ia lahir dari Perkawinan Si Tumang dan Dayang Sumbi. Apa maksud budaya Sunda ini ? dan bagaimana eksistensi Sanguru Hyang Pada saat ini.

Sanguru Hyang artinya kehilangan petunjuk. Guru = pembimbinga Hyang = hilang. Manusia yang kehilangan petunjuk hidup. Tidak sanggup menerima petunjuk hidup jiwanya. Kendati ia mempelajari dan membaca sendiri kitab petunjuk tersebut. Dalam agama sosok sangguru Hyang adalah orang yang tidak bertaqwa.

Kenapa demikian ….?
Orang yang tidak bertaqwa tentu tidak akan menyadari bahwa dirinya tidak bertaqwa. Namun dapat dilihat dari tindakannya. Seorang Koruptor bisa saja naik haji, pinter ngajim nenunaikan shalat dan zakat. Namun ia tetap koruptos dan manipulator yang dengan mudah mengotak-ngatik angka laporan demi keuntungan pribadi dan golongan.

Ia tertutup oleh sebuah noda yang sulit untuk dibasuh (dilokat). Noda tersebut tidak akan hilang dengan basuhan biasa ia memerlukan (Lokatmala) basuhan yang luarbiasa. Noda tersebut didapat manakala ia lahir melalui sebuah jembatan perkawianan ibu bapaknya yang seperti Dayang Sumbi dan Situmang.

Situmang menikah karena memiliki jasa kepada pribadi Dayang Sumbi kendati ia penjilat dan penjahat bagi bangsanya. Dayang Sumbi menikah dengan Situmang karena ia sangat baik dan mencintai dirinya tak peduli kelakuannya yang tidak mengikuti ajaran Agama dan Budaya.

Marilah kita sucikan perkawinan anak kita, dengan memberi gambaran yang benar kepada generasi muda tentang urgensi perkawinan untuk bangsa dan negara…………Cag.