Sinapsis.
Dayang Sumbi ahirnya menikah juga dengan Situmang. Namun karena aib menimpa kerajaan ia diusir dan hidup berumahtangga di tengah hutan………

TIDAK MENGENAL TETANGGA

Tanda kehancuran bangsa tersebut bila kita sudah tidak kenal dengan tetangga. Apa bedanya kampung tersebut dengan hutan jika tidak saling menyapa, rumah dibatasi pagar tembok yang tinggi, dengan tetangga sebelah juga kita tak mengenal.

Boleh saja hidup tersebut berkecukupan bahkan berkelebihan hingga merasa tidak memerlukan bantuan tetangga. Namun budaya Sunda mengisyaratkan jika suatu bangsa sudah tidak mengenal tetangga tidak bertegur sapa bahkan dengan sebelahan rumah. Hal ini merupakan tanda-tanda kehancuran bangsa tersebut sudah dekat.

Saat ini banyak berdiri perumahan elit dan mewah. Namun dalam perumahan tersebut jika kita bertanya alamat tidak ada yang bisa menolong kita karena orang tak saling kenal. Hal ini sama saja dengan tidak bertetangga karena kita tidak mengenal tetangga sendiri.

Demikanlah hasanah budaya bangsa. Karena itulah kita harus membuka lebar pintu persahabatan dan persaudaraan untuk saling terikat jiwa satu sama lainnya. sebagai bangsa Indonesia. Hingga kita meraakan ada perbedaan menghadapi bangsa kita dengan bangsa Asing. Seperti perbedaan menghadapi orang lain dan menghadapi saudara.

Jika kita merasakan banhwa semua bangsa sama. Ya memang sama, namun kekerabatan dan kedekatan sebangsa dan setanah air harus menyentuh jiwa kita…….Terlalu panjang jika dijelaskan. Hanya intinya kehilangan rasa persatuan dan kesatuan hingga kita tidak merasa dekat dengan saudara sebangsa dan setanah air……

Sampai disini dulu……………..