Sinapsis
Dayang Sumbi berjanji akan menikah dengan orang yang mau menolong dirinya. Maka kemudian Seekor anjing Keraton yang bernama Situmang membawakan alat tenun yang jatuh tersebut. Dayang Sumbi tahu Situmang seekor anjing. Namun karena sudah janji maka ia mau dinikahi Situmang.

Hal yang keempat dari tanda kehancuran negara adalah WANITA MENIKAH KARENA NAPSUNYA

Banyak wanita yang tidak berdaya untuk menikahi dengan laki-laki kendati sebenarnya tahu bahwa laki-laki tersebut penjilat, pemabuk, pejudi dan pelacur. Ia tetap menikahi laki-laki yang sebenarnya jalan hidupnya jauh dari agama dengan harapan semoga setelah jadi suaminya laki-laki tersebut akan sadar.

Sangat keliru, ia memilih pmimpin yang jahat dan ingkar dari ajaran agamanya. Dan sangat musthail wanita bisa memberikan jalan yang lurus kepada suaminya. Yang seharusnya wanita tersebut mencari pembimbing hidup bahkan ia menyombangkan diri untuk menjadi pembimbing bagi suaminya.

Kesalaham kaum wanita dalam memilih suami ini dalam budaya sunda menjadi penyebab hancurnya tatanan kehidupan bangsa. Karena wanita sebagai tiang negara. Sepandai apapun, dan setanggung apapun kaum laki-laki tidak akan berhasil membangun bangsa dan negara ini jika tidak memiliki istri.

Kemudian wanita memilih laki-laki dan kelak karena karakter laki-laki tersebut seperti Situmang. Maka ia akan korupasi, manipulasi dan melakukan kebijakan yang merugikan negara setelah jadi pejabat. dan kaum wanita tidak sanggup melarang suaminya untuk koruptor, dan berbuat hal yang menghancurkan bangsa.

Kendati sulit dimengerti budaya Sunda merekomendasikan bahwa kesalahan wanita memilih suami (Ijab) akan menghancurkan bangsa dan negara.

Dugi kadieu heula anaking……pun