Sunging Perbangkara adalah Raja Parahiyangan dalam cerita ia ingin berburu. Agar berburu hasilnya memuaskan ia memilih hutan larangan untuk jadi buruannya. Apa makna dari sinapsis Ceita ini….?’ Sunging’ artinya ‘gambaran’. ‘Perlambang Kara’ artinya ciri keangkaramurkaan. Inilah tanda pertama kehancuran bangsa dan negara dalam konsep budaya Sunda.

SANG PEMIMPIN MELANGGAR HUKUM
Awal kehancuran moralitas bangsa adalah jika pemimpin melanggar hukum. Hutan larangan (Suaka Marga Satwa) tidak boleh diganggu. Namun Karena ia Raja maka ia membabad habis, mencari keuntungan di hutan larangan tersebut. Atau ia melanggar aturan dan atau membuat aturan yang merugikan bangsa untuk kepentingan Pribadi dan golongan.

Jika hal ini terjadi dalam tatanegara ki Sunda maka sudah dipastikan bencana dan kehancuran akan tiba di negri tersebut. Pelanggaran hukum secara sistemik oleh pemimpin bangsa adalah awal dari kehancuran bangsa tersebut.

Selanjutnya cerita tersebut menggambarkan keadaan hutan larangan yang kosong tidak dihuni hewan. Ini sebuah upaya dari budaya Sunda keangkaraan pemimpin. Yang menginginkan keuntungan dari pelanggaran hukum tersebut tidak mungkin berhasil jika sifat hewan tidak dimiliki oleh abdi hukum dan birokrasi bangsa ini.

Jadi sebuah pertanda jika pemimpin melakukan pelanggaran hukum. dan aparatur pemerintah serta birokrasi bukan manusia atau manusia yang berkarakter hewan. Maka bangsa tersebut akan hancur.
Saat ini pegawai negri sudah jarang yang memiliki hati nurani kendati tidak akan rido dikatakan memiliki sifat hewan. Kemudian pemimpinpun berlomba membuat sebuat pelaturan yang merugikan masyarakat. Maka dalam perhitungan budaya Sunda bangsa dan negara ini akan mengalami bencana dan kehancuran.

Jika ada yang merasa cemas akan khancuran ini adalah hal yang wajar. Dan bila ada yang tenang-tenang saja berarti mereka tidak mengerti Agama dan budaya. Hingga ia menganggap wajar apa yang terjadi pada bangsa dan negarannya.

Jika budaya Sunda dipelajari. Sebelum kejadian Suging Plebangkara ini terjadi, sudah diantisipasi. Agar hutan larangan tidak ada hewan yang muncul. Agara pegawai negri dan birokrasi tidak diisi oleh orang yang tidak propesional.

Kenapa ki Sunda terlena. Padahal dalam cerita sakala sudah digambarkan jangan terjadi hal seperti ini……..?

Baeu anaking dugu ka dieu heula mangke urang tuluykeun……Pun.