Dimasyarakat sakala ini terkenal dengan Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Cerita ini menggambarkan Anak yang mencintai ibunya sendiri Begitu pandai iblis memutarbalikan ceria yang baik dengan penuh ketahayulan dan tak bermoral. Sangkuriang digambarkan membendung telaga semalam, yang kemudian menendang Perahu kecewa ditipu oleh Dayang Sumbi. Perahu tersebut sekarang menjadi Gunung yang disebut Gunung Tangkuban Perahu. Hal yang sangat ganjil dan mustahil sekali.

Cerita karya iblis ini terkenal, karena pernah di filmkan dengan lebih gila dan sangat menghinakan budaya Sunda. Namun bagaimana makna dari cerita ini marilah kita bahas disini salah satu contoh dari Sakala Sunda tersebut. Dengan membahas satu contoh sakala yang terkenal ini. Semoga Kita, ki Sunda khususnya menyadari betapa kejam dan jahatnya pitnah budaya siapapun pembuatnya dan apapun maksud serta tujuannya.

Karena cerita ini sudah terkenal tidak perlu ditulis uth hanya akan ditinjau persinapsis perepisode yang pentingnya saja. Baiklah kita mulai :

1. SANG GURU HYANG

Sangguruhiyang merupakan peringatan kepada anak cucu kita. Bahwa jika sesuatu terjadi pada ki Sunda (Maksudnya orang Sunda) maka bangsa dan negara akan hancur. Karena jiwa manusia tidak akan lagi mendapat petunjuk dan bimbingan dari Tuhan pencipta alam. Konsep budaya Sunda ini benarkan oleh Agama Islam Karena dalam Qur’an tertulis ( “…..Kitab ini tidak diragukan lagi isisnya melainkan petunjuk bagi orang yang bertaqwa….”. Orang yang tidak bertaqwa meskipun membaca Qur’an tidak akan mendapat petunjuk.

Orang yang tidak bertaqwa ini dalam konsep Sunda disebut Sang Guru Hyang. Yaitu orang yang kehilangan pembimbing ghaibnya. Pembimbing Ghaib jang di konotasikan Malaikat atau jin dan mahluq halus yang berada diluar diri manusia. Sebab dalam diri manusia juga terdpat banyak yang ghaib. Guru ghaib disini adalah hati nurani, aqal pikiran, budi dan daya yang baik yang mendorong manusia bersikaf bijak.

Bagaimana tahapan kehancuran sebuah bangsa dan negara itu?

Sampai disini dulu nanti kita lanjutkan. Cag anaking……..pun