Sakadang adalah sebuah konsep atau strategi dalam budaya Sunda yang khusus untuk orang Sunda saja. “Kadang” artinya kerabat atau keluarga. Jadi konsep ini hanya harus dimengerti oleh orang sunda belaka. Kanap demikian. Sakadang merupakan rahasiah budaya ? seperti rahasiah negara. Setiap bangsa memiliki rahasia atau resep tertentu untuk kemajuan bangsa dan negarnya. Trik rahasia ini tidak boleh bocor ke bangsa asing.

Dalam kehidupan sakadang ini mirip dengan fabel. Cerita yang diperankan oleh binatang. Namun dalam Sakadang memiliki makna-makna untuk kewaspadaan kita dalam menjalin kontak hubungan dengan bangsa Asing. Karena itulah sebelum membahasnya kita harus mengembangkan dulu kearifan. Agar tidak terjadi fitnah.

Dalam Qur’an juga ada tersirat kehatia-hatian dalam menghadapi bangsa asing. Bukan harus membenci namun harus hati-hati (Yahudi, Nasrani, Shabiin, dan Majusi). Begitu juga dalam budaya Sunda ada bangsa-bangsa tertentu yang digambarkan membahayakan eksistensi bangsa dan negara kita.

Untuk sekedar contoh kebenaran budaya Sunda manakala Sunda mengingkari cerita sakadang itu.
Siapa dibalik kasus bank Century? Siapa sebenarnya Anggodo dan Angoro ?
Semua kerusakan alam dan tatanan sosial kita rusaknya pasti oleh bangsa Asing. Karena itulah dalam sakadang ini dibahas kewaspadaan kita terhadap bangsa Asing. Bukan harus membenci namum harus waspada…..

Cag dugi ka dieu….Pun